Lensa MancaLensa Terkini

Hari Lahir Mahatma Gandhi, Filosofi Hari Tanpa Kekerasan Internasional

Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Tanpa Kekerasan Internasional.

Hari peringatan itu ditetapkan oleh PBB pada tanggal 15 Juni 2007 berdasarkan resolusi Majelis Umum PBB yang berkode A/RES/61/271.

yang merupakan tanggal lahir Mahatma Gandhi resmi dipilih oleh PBB dan ditetapkan sebagai Hari Tanpa Kekerasan Internasional. Tanggal ini dipiih karena Mahatma Gandhi adalah tokoh yang memprakarsai demonstrasi dan perlawanan tanpa kekerasan.

PBB menetapkan tanggal tersebut .

“Peringatan hari ini digunakan sebagai momen untuk menyampaikan pesan anti-kekerasan, baik melalui edukasi maupun kesadaran bersama. Selain itu, hari ini menunjukkan keinginan PBB untuk mewujudkan budaya damai, toleransi, pemahaman, dan tanpa kekerasan,” jelas Majelis Umum PBB, dikutip Senin (2/10).

Mahatma Gandhi menjadi inspirasi gerakan tanpa kekerasan untuk memperjuangkan hak-hak dan perubahan sosial.

Meskipun menghadapi kondisi yang opresif, Gandhi tetap berkomitmen terhadap keyakinannya. Gandhi berpendapat bahwa penggunaan kekerasan untuk meraih kedamaian adalah suatu hal yang tidak rasional.

Prinsip tanpa kekerasan berarti penolakan terhadap segala bentuk kekerasan fisik untuk meraih perubahan sosial atau politis. Prinsip tersebut biasa disebut sebagai politik orang biasa.

Profesor Peneliti Gerakan Tanpa Kekerasan, Gene Sharp, mengatakan bahwa penetapan hari tanpa kekerasan bertujuan untuk menghindari potensi terjadinya konflik di tengah masyarakat.

“Tindakan tanpa kekerasan adalah teknik yang digunakan oleh mereka yang menolak kepasifan dan kepasrahan, serta melihat perjuangan sebagai sebuah hal yang penting untuk mengungkapkan konflik mereka tanpa kekerasan. Tindakan ini bukan berarti mencoba menghindari atau mengabaikan konflik, melainkan jawaban untuk cara memperjuangkan hak secara efektif,” kata Gene. (ANS/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *