Lensa Jogja

Tarian Srandul Asal Kotagede Ramaikan FKY 2022

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2022 telah digelar di depan gerbang barat Kantor Kepatihan DIY dan akan berlangsung selama dua pekan, mulai dari 13 September sampai 25 September 2022 mendatang.

Dalam gelaran FKY ini, berbagai kesenian ditampilkan, salah satunya adalah Tarian Srandul. Tarian Srandul sendiri berasal dari kata ‘Pating Srendul’ yang berarti campur aduk dan kemudian diartikan sebagai campuran aneka cerita. Biasanya tampilan kesenian ini menceritakan tentang cerita rakyat yang melambangkan sebuah kegembiraan.

FKY tahun ini mengusung konsep di mana panggung akan tersebar di berbagai tempat di Seluruh Kabupaten dan Kota se-DIY. Untuk dapat menampilkan tarian ini, Ketua Srandul Budaya Eko Pamiluhono, membutuhkan dua kali latihan.

“Untuk persiapan FKY ini, butuh dua kali latihan. Karena termasuk berapa minggu itu, minggu lalu itu pentas juga, tapi ada ceritanya. Cerita yang diambil itu Kethek Ogleng,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa Tarian Srandul di setiap daerah DIY memiliki versi dan maknanya masing-masing. Meskipun begitu, semuanya memiliki unsur pesan moral yang baik.

Dengan adanya festival ini diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta, serta para generasi muda bisa melestarikan tarian tradisional. (OR/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *