Lensa Manca

10 Kota Layak Huni 2022, Mayoritas di Eropa

Lembaga penelitian Economist Intelligence Unit (EIU) baru saja merilis daftar 10 Kota Paling layak huni di dunia tahun 2022, dari 172 Kota yang masuk dalam pemeringkatannya.

Kota-kota tersebut, dinilai dari berbagai aspek seperti penanganan terhadap kesehatan, stabilitas infrastruktur yang baik, terutama berkaitan dengan daya tarik kota, serta peluang berkembangnya budaya dan hiburan di kota-kota tersebut.

Selain itu, mereka juga menilai seberapa tinggi tingkat kejahatan, stabilitas politik, infrastruktur dan akses ke ruang hijau yang ada di kota-kota tersebut.

Berdasarkan penilaian itulah, mayoritas kota-kota yang berada di Benua Eropa, menduduki posisi teratas. Sedangkan kota-kota di Benua Afrika, berada pada urutan bawah.

Dilansir dari laporannya, Sabtu (25/6), EIU juga mencoret negara Ukraina akibat perang yang masih berkecamuk. EIU menduga, konflik tersebut masih akan terjadi hingga sisa 2022 ini.

Berikut daftar kota-kota tersebut.

1. Wina di Austria

2. Kopenhagen di Denmark

3. Zurich di Swiss

4. Calgary di Kanada

5. Vancouver di Kanada

6. Jenewa di Swiss

7. Frankfurt di Jerman

8. Toronto di Kanada

9. Amsterdam di Belanda

10. Osaka di Jepang

Selain itu, EIU juga merilis 10 negara yang ada di posisi paling rendah. Dengan kata lain, negara-negara ini memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi untuk dihuni.

Negara-negara itu adalah sebagai berikut:

1. Tehran di Iran

2. Douala di Cameroon

3. Harare di Zimbabwe

4. Dhaka di Bangladesh

5. Port Moresby di PNG

6. Karachi di Pakistan

7. Algiers di Algeria

8. Tripoli di Libya

9. Lagos di Nigeria

10. Damaskus di Syria. (AB/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *