Headline

Survei Populi Center Sebut 68,4% Warga Setuju Presiden dari Luar Jawa

Lembaga Survei Populi Center baru saja merilis hasil survei terbarunya, yang bertajuk ‘Survei Nasional Peta Politik Menjelang Pemilu Serentak 2024’. Survei yang melibatkan sebanyak 1200 responden itu, dilakukan pada 21-29 Maret 2022 dengan mengajukan sejumlah pertanyaan terkait pemilu 2024.

Salah satu dari sejumlah pertanyaan yang diajukan adalah pendapat mengenai calon presiden, yang jika berasal dari luar Jawa. Sebagaimana diketahui, sejauh ini Presiden Indonesia selalu berasal dari suku Jawa.

Dari data tersebut, terhimpun bahwa sebanyak 62,2% masyarakat setuju jika presiden 2024 mendatang berasal dari luar Jawa, dan 6,2% menyatakan sangat setuju. Artinya, total persetujuan yang menghendaki presiden dari luar Jawa sebanyak 68,4%.

Sementara sisanya, sebanyak 14,6% masyarakat mengaku kurang setuju, tidak setuju sebesar 11% dan tidak tahu/tidak menjawab sebesar 6%.

Lebih lanjut, menyongsong pesta demokrasi 2024 mendatang, dalam survei tersebut, ditemukan pula bahwa ada sebanyak 38,2% masyarakat yang bahkan mengaku tidak tahu-menahu, terkait perhelatan pemilu serentak itu. Sementara yang sudah mengetahui tercatat sebanyak 61,8%.

38,2% masyarakat tersebut, kendati belum mendapat informasi soal pemilu 2024, namun mereka mengaku, bahwa selalu menggunakan hak pilihnya dalam setiap pemilu yang digelar.

Dalam hal ini, sebanyak 96,8% dari mereka menggunakan hak pilih, sementara 0,7% mengaku tidak berkontribusi dalam pemilu, dan 0,1% warga menolak menjawab pertanyaan ini. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *