Lensa Jogja

Bantul Sumringah Industri Kreatif Mulai Bergeliat

Setelah dua tahun meredup akibat pandemi, sektor industri ekonomi kreatif Kabupaten Bantul kini mulai kembali bergeliat. Kran ekspor juga nampak terbuka lebar. Kondisi ini, turut membuat Pemerintah Kabupaten Bantul sumringah, lantaran pertumbuhan ekonomi di Bantul kembali membaik.

Bupati bantul, Abdul Halim Muslih mendatangi langsung produksi kerajinan gerabah, di sentra industri gerabah Kasongan, Kasihan, Bantul.

Sebagai industri kreatif di Kabupaten Bantul, pengrajin tanah liat ini kini mulai bergeliat lagi, setelah 2 tahun meredup dihantam pandemi Covid-19.

Rumah-rumah produksi di kawasan ini, satu persatu mulai disibukkan dengan beragam aktvitas memproduksi gerabah. Kesibukan ini, tak lain untuk memenuhi pesanan dari mancanegara.

Industri kreatif atau ekonomi kreatif, secara umum di Kabupaten Bantul terus didorong dan dikuatkan, agar dapat bersaing di pasar nasional dan internasional.

Sehingga ke depan, diharapkan akan tercipta ekosistem ekonomi kreatif yang mapan. Terlebih lagi, Bantul telah dinyatakan sebagai Kabupaten Kreatif Kriya Terkuat di Indonesia, pada tahun 2017 oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Nasional.

Bupati Bantul juga mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat perajin dalam membuat karya seni bernilai, agar produk-produk kerajinan gerabah Bantul makin diminati konsumen dari berbagai kota dan negara. (JACK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *