Headline

Pemerintah Canangkan Subsidi Upah Bagi Pekerja Dengan Gaji di Bawah 3,5 Juta

Pemerintah melalui Menteri Perekonomian, Airlangga Hartanto, mengumumkan bahwa akan ada subsidi upah bagi para pekerja, yang gajinya di bawah Rp3,5 juta. Hal itu disampaikannya, bersamaan dengan konferensi pers evaluasi PPKM, Senin (4/4).

“Berdasarkan arahan Bapak Presiden, Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) akan terus dimatangkan untuk diberikan kepada 8,8 juta tenaga kerja dengan gaji kurang dari Rp3,5 juta, dan ini dalam waktu dekat akan diumumkan,” kata Airlangga, dikutip pada Selasa (5/4).

Bersamaan dengan itu, Menko Perekonomian juga menjelaskan perkembangan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun anggaran 2022, yang pada 1 April 2022 tercatat sebesar Rp29,3 triliun atau sekitar 6,4% dari alokasi dana sebesar Rp455,62 triliun.

Anggaran tersebut akan terbagi menjadi tiga pengalokasian dana, yakni Penanganan Kesehatan dengan anggaran sebesar Rp1,55 triliun. Angka ini mencakup insentif perpajakan atas vaksin dan alat kesehatan, dan penanganan Covid-19 melalui dana desa.

Kedua, akan dialokasikan untuk Perlindungan Masyarakat, dengan dana sebesar Rp22,74 triliun. Nantinya dana tersebut akan didistribusikan untuk program PHK, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, BLT Desa, dan Bantuan Tunai PKLWN.

Terakhir, anggaran PEN juga akan menyasar pada Penguatan Pemulihan Ekonomi, dengan realisasi sebesar Rp5,02% triliun, yang akan digunakan untuk program pariwisata, pangan, subsidi/IJP UMKM, dan insentif perpajakan. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *