Lensa Jogja

Cegah Radikalisme, Kodim 0729 Bantul Canangkan Kampung Pancasila

Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, bisa dikatakan sebagai miniatur Indonesia. Di sana kehidupan sosial kemasyarakatan begitu beragam, mulai penganut agama hingga kesenian dan budaya yang beraneka ragam. Semua hidup rukun begitu indah.

Hal itulah, yang mendasari Kodim 0729 Bantul untuk mencanangkan Dusun Ngireng-Ngireng sebagai Kampung Pancasila.

Pencanangan dilakukan langsung oleh Komandan Kodim 0729 Bantul, Letkol Infanteri Agus Indra Gunawan, dengan ditandai pemukulan gong, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti, serta melepas selubung papan nama yang berada di pintu masuk kampung.

Dipilihnya kampung ngireng-ireng sebagai pelopor terbentuknya Kampung Pancasila, rencananya akan diikuti seluruh kampung di setiap kapanewon. Hal itu mengacu pada instruksi pimpinan TNI AD.

Sehingga dengan menyandang sebagai Kampung Pancasila, akan tercipta kehidupan yang rukun dan damai di tengah-tengah masyarakat.

Usai dicanangkan, diharapkan warga siap mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta menolak berbagai paham radikal yang berupaya mengganti Pancasila sebagai dasar negara.

Untuk diketahui, sebutan Kampung Pancasila adalah julukan untuk desa yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila. Program tersebut dilakukan melalui tiga tahapan, yakni interpretasi, internalisasi dan aktualisasi Pancasila.

Sedangkan proses pelaksanaannya, mencakup bidang sosial, budaya, dan ilmiah. Hasil yang diharapkan adalah meningkatnya kecerdasan masyarakat, serta membentuk pribadi yang unggul berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (JACK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *