Lensa Jogja

Kenalkan Budaya dan Kuliner Berbagai Negara, UMY Kembali Gelar ICCF

Mengenal budaya dan mencicipi kuliner khas dari berbagai negara, kini tak perlu lagi keliling dunia. Sebab, semua itu dapat kita jumpai dalam Festival Budaya dan Kuliner Internasional atau International Cultural and Culinary Festival (ICCF), yang digelar di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dalam festival ini, bermacam-macam makanan khas dan budaya daerah berbagai negara dihadirkan. Pengunjung pun bebas mencicipi aneka makanan yang dihidangkan oleh setiap stand, yang telah disediakan untuk masing-masing negara.

Ada 22 negara peserta yang turut dilibatkan dalam ajang tahunan tersebut, dengan didukung oleh Kedutaan Besar Polandia, Thailand, Perancis, Korea, dan Malaysia.

Memasuki tahun ketujuh, kegiatan ini digelar sebagai ruang berkumpulnya mahasiswa internasional di UMY, dengan tujuan untuk memperkuat kerjasama dan akulturasi budaya dari berbagai negara, guna mencapai lingkungan akademik yang bernuansa internasional.

lebih lanjut, tercatat ada 67 mahasiswa dari 24 negara, yang turut memeriahkan acara yang dipusatkan di gedung sportorium umy tersebut.

ICCF yang ke-7 ini, merupakan program untuk meningkatkan atmosfer internasional. Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran di tingkat mahasiswa, bahwa mereka merupakan bagian dari dunia.

Apalagi selama pandemi Covid-19 merebak, terjadi penurunan mahasiswa asing yang datang secara tatap muka di kampus UMY.

Jika sebelumnya bisa mencapai 70-80-an mahasiswa, kini hanya 30 an mahasiswa yang hadir, lantaran terbentur prosedur imigrasi yang rumit. Sehingga di tahun ini, program outbound mengirim mahasiswa ke luar negeri dan inbound sudah mulai lancar kembali. (JACK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *