Mengejutkan! Warga Yogyakarta Temukan Bunga Bangkai Langka

Warga Tompeyan Kota Yogyakarta, Saguh Kumoro, menemukan bunga bangkai tumbuh di pekarangannya. Penemuan tumbuhan langka ini merupakan yang pertama kali sejak dirinya tinggal di wilayah ini selama 20 tahun.

“Kalau ini belum lama ya baru sekitar dua bulanan, sebelumnya belum ada. Mungkin ‘tukulan’ ya, kalau namen-namen itu gak ada. Baru kali ini ada,” tutur Saguh Kumoro.

Warga sekitar mengenal bunga bangkai tersebut dengan sebutan tanaman suweg, yang memiliki nama latin amorphophallus prainii-folius. Tanaman ini diklasifikasikan sebagai tumbuhan langka oleh International Union for Conservation of Nature, di mana setiap malam bunga tersebut mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Bunga langka ini ditemukan dengan tinggi sekitar 70 centimeter dan tumbuh di dekat banyaknya tanaman liar.

Di Indonesia sendiri, tumbuhan tersebut dilindungi dalam Peraturan Menteri IHK No. 106 tahun 2018 serta Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati.

Pada peraturan tersebut, terdapat sanksi jika sengaja merusak flora yang dilindungi ini bisa terkena hukuman penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak 100 juta rupiah. (OR/L44)

Share