Lensa Jogja

Unik, Anak Sapi di Kulonprogo Terlahir Dengan 2 Hidung

Seekor anak sapi di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, terlahir memiliki kondisi tubuh yang tidak lazim, yakni memiliki dua buah hidung. Meski terlihat aneh, namun kedua alat pernafasan ini tetap berfungsi dengan normal.

Sapi berhidung dua ini, merupakan ternak milik Supangat, warga Dusun Tegal Perang, Kalurahan Tawangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulonprogo. Sebelum terlahir, supangat mengaku sudah curiga, karena proses lahiran terhitung lama dibandingkan proses lahiran sapi pada umumnya.

Begitu anak sapi tersebut lahir, ternyata hidung hewan ini terlihat lebih besar karena bercabang dua dan memiliki 4 lobang pernafasan yang semuanya berfungsi normal.

Anak sapi jenis limousin ini, merupakan peranakan pertama dari induknya yang diberi nama mulus dan memiliki ciri khas berupa bulu berwarna coklat tua. Karena kondisi anak sapi yang terlahir dengan kondisi tak normal, Supangat harus memberikan perawatan ekstra dibandingkan sapi-sapi lainnya.

Supangat setiap hari harus membantu anak sapi tersebut untuk menyusu induknya, hal ini dilakukan karena anak sapi ini masih lemah dan akan kesulitan jika harus minum sendiri.

Kelahiran anak sapi dengan kondisi unik ini, justru menarik perhatian warga yang tinggal di sekitar lokasi. Tak sedikit yang sengaja berkunjung ke peternakan sapi milik Kelompok Tani Manunggal Rasa ini, hanya untuk menyaksikan kondisi anak sapi tersebut.

Dengan kondisi anakan sapi yang agak memprihatinkan, karena kesulitan saat menyusu induknya, Supangat berharap ada warga yang bisa memberikan perawatan dan perhatian lebih, dengan membeli anakan sapi ini agar tetap bisa sehat dan tumbuh normal seperti sapi pada umumnya. (SA/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *