Lensa Manca

Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia 2022, Rusia dan Ukraina Turun Jauh

PBB telah merilis The World Happiness Report atau Laporan Kebahagiaan Dunia, setelah mereka melakuan survei pada 150 Negara di Dunia.

Menandai perayaan ke-10 Tahun laporan tentang kebahagiaan, mereka melihat berbagai dengan dengan tingkat skala kebahagiaan mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. 

Tidak disangka, Pandemi Covid-19 rupanya menjadi salah satu faktor yang membuat laporan ini mendapati hal-hal yang berbeda seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kejutan besar adalah bahwa secara global, dengan cara yang tidak terkoordinasi, telah terjadi peningkatan yang sangat besar dalam ketiga bentuk kebajikan yang ditanyakan dalam Gallup World Poll,” kata John Helliwell, salah satu editor laporan tersebut, dilansir dari CNN Travel, Selasa (22/3).

Berdasarkan laporan tersebut, Negara-negara nordik menduduki peringkat-peringkat atas sebagai negara paling bahagia di Dunia. Seperti Finlandia di urutan pertama, yang secara berturut-turut telah menduduki posisi tersebut selama 5 kali.

Pada urutan kedua dan ketiga, ditempati oleh Denmark dan Islandia. Negara nordik lainnya yang menduduki posisi atas adalah Swedia dan Norwegia yang menempati urutan ketujuh dan kedelapan.

Untuk Negara-negara di Eropa sendiri seperti Swiss, Belanda, dan Luxemburg secara berurutan menempati posisi 4,5 dan 6. Sedangkan untuk posisi 9 dan 10 ditempati oleh Israel dan Selandia Baru.

Survei pembuatan laporan kebahagiaan ini, dilakukan jauh sebelum konflik yang terjadi di Rusia dan Ukraina. Akibat konflik yang terjadi, kedua negara tersebut kini tercatat berada di urutan bawah, dengan Rusia di urutan 80 dan Ukraina di urutan 98.

Negara yang berada di urutan paling bawah dalam daftar kali ini adalah Afghanistan. Hal ini disebabkan konflik yang terjadi di negara tersebut dan kekuasaan Taliban. 

Untuk daftar lengkap mengenai negara-negara paling bahagia ini dapat dilihat di situs resmi World Happiness Report 2022. (AB/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *