Lensa Kuliner

Chai Thai Kue, Kue Lobak Cemilan Imlek Khas Medan

Chai Thai Kue atau Kue Lobak adalah cemilan yang berbahan dasar Lobak Putih (White Radish). Di Jepang, Lobak Putih biasanya disebut Daikon. Karena berbahan dasar Lobak, maka Kue Lobak ini cocok menjadi hidangan vegan.

Di balik rasanya yang nikmat dan unik, serta baunya yang khas, Kue Lobak juga memiliki banyak manfaat karena berbahan dasar Lobak Putih. Salah satu manfaat dari Lobak Putih adalah menjaga kesehatan jantung. Pada Lobak terdapat kandungan antioksidan, yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung.

Kue Lobak biasanya disajikan sebagai cemilan perayaan Imlek. Dulunya, Lobak Putih menjadi tumbuhan yang memiliki harga murah dan pertumbuhannya bagus. Oleh karena itu masyarakat mengolah Lobak Putih menjadi cemilan Imlek, dan kebiasaan tersebut terbawa hingga saat ini.

Beberapa orang juga percaya bahwa Kue Lobak dapat membawa keberuntungan. Ini disebabkan karena pengucapan Lobak dalam Bahasa Mandarin mirip dengan kata “keberuntungan”.

Kue Lobak banyak dijumpai di Medan, Ibukota Provinsi Sumatera Utara. Biasanya Kue Lobak dijual mentah dan berbentuk balok. Untuk menikmati hidangan tersebut, cukup hanya memotong Kue Lobak menjadi beberapa potongan, lalu digoreng. Dengan menambahkan saos, Kue Lobak akan lebih nikmat.

Namun jika ingin membuat Kue Lobak sendiri, tentu saja bisa. Dengan campuran tepung beras, lobak putih, air, garam, dan beberapa condiment lainnya, dapat membentuk adonan Kue Lobak. Adonan tersebut cukup dikukus sampai mengeras. Setelah dikukus dan dipotong, Kue Lobak dapat dinikmati dengan cara digoreng. (AI/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *