Lensa JogjaLensa Kuliner

Olah Susu Kambing Etawa, Mandaku Launching Yogurt Sehat

Siapa tak kenal yogurt, minuman segar berbahan dasar susu yang diolah dengan cara fermentasi bakteri. Pada umumnya yogurt dibuat dengan bahan susu sapi atau sari kacang kedelai, namun tidak bagi Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulonprogo (MANDAKU).

Sekolah ini, menciptakan inovasi dengan membuat yogurt berbahan dasar susu kambing Peranakan Etawa (PE). Bekerja sama dengan Rajendra Farm, sebuah peternakan yang cukup besar di daerah Samigaluh, MAN 2 Kulonprogo akhirnya meluncurkan “Manjagurt” atau Mandaku Rajendra Yogurt.

Proses pembuatan Manjagurt ini terbilang cukup sederhana, susu murni dilakukan pasteurisasi kemudian didinginkan dengan suhu 4 derajat. Susu kemudian ditambahkan starter yakni bakteri lactobacillus sp dan didiamkan selama 24 jam.

Setelah bahan siap, kemudian ditambahkan gula pasir yang telah dididihkan sebagai perisa serta essence, kemudian diaduk hingga tercampur rata. Barulah olahan yogurt ini kemudian dikemas dalam botol dan ditutup dengan segel.

Susu kambing Etawa, dipilih sebagai bahan baku karena mengandung lebih banyak Nutrisi, Protein, Asam laktat  rendah gula, Kolesterol, Kalsium, Zink, Magnesium hingga vitamin B2, B3, B6, A dan C. Susu ini juga memiliki kandungan zat yang lebih mudah diserap oleh tubuh.

Tak hanya memiliki rasa yang segar, yogurt ini juga memiliki khasiat kesehatan seperti meningkatkan imunitas, melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol dan diabetes, asam urat,  darah tinggi, asam lambung serta mengurangi risiko stroke.

Tak hanya menjadi salah satu ilmu tambahan bagi siswa, berbagai inovasi olahan produk makanan dan minuman di sekolah ini, juga diberikan sebagai bekal tambahan agar siswa nantinya memiliki keahlian dan keterampilan, hingga memiliki kemandirian secara ekonomi.

Inovasi pembuatan yogurt ini merupakan salah satu program keterampilan di MAN 2 Kulonprogo, untuk meningkatkan mutu Pendidikan Vokasi dan menciptakan tenaga terdidik yang memiliki keterampilan dibidang terapan dan bisa langsung diaplikasikan di masyarakat.

Nantinya, produk yogurt buatan MAN 2 Kulonprogo ini akan diajukan sertifikasi halal agar bisa terus dikembangkan sebagai produk unggulan yang dimiliki sekolah ini.

Selain Manjagurt, Mandaku juga memproduksi kefir dari susu kambing etawa probiotik yang diberi nama Manjafir. Tak hanya berkhasiat untuk kesehatan, Manjafir juga bisa untuk kecantikan yakni menghaluskan kulit kering, melembabkan kulit, mengatasi kerutan, hingga mengobati jerawat. (SA/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *