Lensa Jogja

Jelang Nataru Harga Telur dan Daging Alami Fluktuasi

Beberapa komoditas bahan pokok pangan di Kabupaten Bantul, mengalami fluktuasi di pekan kedua Desember. Di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, harga telur ayam kini melonjak di angka Rp26 ribu dari yang sebelumnya masih di kisaran Rp20 ribu per kilogram. Harga ini melebihi harga acuan yang ditetapkan, sebesar Rp24 ribu per kilogram.

Diikuti daging ayam yang turut mengalami kenaikan sebesar 2 ribu rupiah, dari yang sebelumnya Rp32 ribu per kilogram.

Pedagang menduga,  satu di antara penyebabnya adalah dipengaruhi permintaan konsumen menjelang perayaan natal dan tahun baru. Di sisi lain, dipicu menurunnya daya beli masyarakat sehubungan cairnya Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) pada Desember ini.

Di samping komoditi telur dan daging ayam, fluktuasi harga juga masih terjadi pada minyak goreng baik curah maupun kemasan. Untuk minyak curah sawit, saat ini masih di kisaran harga Rp17.500 rupiah per liternya. Sedangkan minyak curah barko, bercokol di harga Rp30 ribu per liter. Diikuti minyak goreng kemasan yang rata-rata menembus harga Rp20 ribu.

Sudah sebulan lebih komoditi tersebut masih bertengger, dan hingga saat ini enggan menunjukkan penurunan harga. Masyarakat berharap, pemerintah dapat segera turun tangan guna menstabilkan harga komoditi kebutuhan pokok di pasaran. (JACK/L44).

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *