Lensa Jogja

Pameran Foto Pageblug, Rekam Jejak Pandemi Covid-19 di Yogyakarta

Pewarta Foto Indonesia (PFI) di Yogyakarta menggelar pameran foto pageblug, di Pusat Kesenian Bentara Budaya Kota Baru, Yogyakarta. Menyuguhkan 145 foto berupa rekam jejak pandemi Covid-19 di Yogyakarta, pameran ini dapat dinikmati masyarakat umum secara gratis, hingga 18 Desember mendatang, dan dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Pameran foto yang bertajuk Pagebluk ini, diabadikan oleh oleh bidikan-bidikan angle foto terbaik karya PFI Yogyakarta. Pageblug sendiri merupakan kata lain dari pandemi, yang tak lain merupakan penyebaran wabah penyakit, yang belum dapat diprediksi kapan berakhirnya.

Semua karya foto yang terpajang, diambil dalam kurun waktu 2 tahun belakangan. Mulai dari awal pandemi mulai mewabah di Yogyakarta, hingga kini saat pandemi Covid-19 mulai melandai.

Event ini juga merupakan dedikasi para pewarta foto, untuk masyarakat luas agar masyarakat dapat mengetahui bahwa pewarta juga merupakan salah satu garda terdepan di masa pandemi.

Selain itu, pameran ini juga didedikasikan kepada seluruh tenaga kesehatan, Satgas Covid-19, TRC BPBD DIY, dan seluruh stake holder terkait, yang selama ini sudah berjibaku melawan pandemi Covid-19.

Sekitar 25 pewarta foto yang bekerja di kantor media lokal, media nasional, hingga media internasional, turut berpartisipasi dalam pameran ini. Setidaknya ada 145 karya terpajang yang terdiri dari karya foto lepas atau single foto, dan karya foto cerita atau story foto.

Melalui pameran ini, para pewarta foto di Yogyakarta juga ingin menekankan bahwa meski pandemi Covid-19 sudah melandai, namun pandemi belum benar-benar usai. Sehingga masyarakat diharapkan tetap waspada dan tidak abai dalam menerapkan standar protokol kesehatan.

Sementara itu, hampir seluruh karya foto yang terpajang ini juga sudah terbit di kantor media masing-masing pewarta. Tentu dalam meliput sebuah berita dan mengabadikan setiap moment yang ada, bukan hal mudah.

Banyak rintangan serta hambatan yang dilalui para pewarta saat membidik angle foto. Sebagai salah satu profesi yang rentan terpapar virus Covid-19, para pewarta juga dituntut untuk selalu berhati-hati dan mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, agar tetap dapat mengabadikan momentum-momentum epic saat pandemi dengan aman.

Selama berlangsung, hasil karya foto yang terkemas epic dan menarik ini, turut menyedot banyak animo masyarakat untuk singgah. Seperti Tiara dan Nisa, pengunjung asal Semarang yang menyempatkan datang ke pameran foto pageblug, di sela-sela waktu liburannya ke Yogyakarta. (DA/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *