Lensa Jogja

Wabup Sleman Apresiasi Diklat Digital Media Reporter Kominfo

Pelatihan keterampilan digital bagi reporter dan humas instansi yang digelar oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta, mendapat apresiasi penuh dari Danang Maharsa, Wakil Bupati Sleman.

Dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan secara luring, Rabu (17/11) kemarin, Danang mengatakan bahwa pelatihan semacam ini sangat perlu untuk dilakukan. Pasalnya, mengingat kemajuan teknologi yang bukan saja harus diikuti, tetapi juga bagaimana menepis berita hoax yang kian banyak beredar.

“Pesatnya perkembangan teknologi yang tidak dapat diprediksi pada saat ini membuat semua industri salah satunya media massa mau tidak mau harus bertransformasi dan terus beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi digital,” kata Danang.

Danang juga menyebut, pemangku media tidak hanya harus mampu memberikan informasi yang benar dan tepat, namun soal literasi bermedia sosial pun harus dipahami juga. Sebab menurutnya, media merupakan elemen yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, maka bukan tidak mungkin jika masyarakat mengandalkan media untuk memberikan kebenaran dalam sebuah berita.

“Kita juga perlu meningkatkan kemampuan literasi masyarakat dalam bermedia sosial. Acap kali karena keterbatasan literasi media sosial masyarakat banyak pihak yang terjebak pada penyebaran berita hoax,” tambahnya.

Pelatihan media bertajuk Thematic Academy Kelas Digital Media Reporter ini diikuti oleh setidaknya 60 peserta reporter dan humas instansi, sejak 8 November 2021 lalu secara daring. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan secara luring yang berlangsung pada 17-19 November 2021 di Hotel Grand Keisha. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *