HeadlineLensa Terkini

Bukan Gelombang Tiga Covid, Ini Bencana yang Mungkin Terjadi Kata Juru Wabah

Pandu Riono, Epidemiolog UI masih terus menyampaikan edukasi terkait penanganan covid-19 melalui cuitan di akun twitter pribadinya. Sebelumnya, ketika pemerintah sibuk berdiskusi tentang wacana gelombang ketiga, Pandu justru berkali-kali mengatakan bahwa gelombang ketiga, tidak akan terjadi jika penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi terus digencarkan.

Begitu pula saat ini, mengikuti berjalannya isu terkait krisis iklim dan berbagai bencana yang terjadi beberapa waktu belakangan, Pandu pun turut memberikan komentarnya. Ia menyebut bahwa bencana yang benar-benar tampak akan terjadi justru bukan gelombang ketiga, namun bencana alam.

“Sesungguhnya yang kemungkinan besar datang adalah bencana alam, banjir dan longsor akibat krisis kerusakan alam, hutan yang gundul dan emisi CO…” kata Pandu, dikutip pada Senin (15/11).

Tentu saja, cuitan ini merujuk pada beberapa bencana alam yang telah melanda sejumlah wilayah di Indonesia, kebakaran hutan di Pulau Rinca, banjir bandang di Jawa Timur, banjir di Kalbar yang sudah tiga pekan, dan beberapa yang lain.

Selain itu, Pandu juga mengingatkan bahwa kebijakan tak bisa dibuat tanpa merujuk pada ilmu pengetahuan. Hal ini bukan hanya soal penanganan covid-19, tetapi juga bagaimana pemerintah mengambil kebijakan untuk kelangsungan lingkungan hidup.

“Kebijakan publik yang mengabaikan ilmu-pengetahuan tidak hanya merugikan publik tetapi dapat menuju kehancuran kehidupan umat manusia. Generasi muda harus ambil peran yang lebih besar dalam penyusunan kebijakan publik di Indonesia, demi masa depan kehidupannya,” sambungnya. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *