Lensa Manca

Resmi Diakui, WHO Izinkan Penggunaan Covaxin Buatan India

Penggunaan vaksin buatan India Covaxin kini telah mendapat izin dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (3/11).

“Penasihat teknis yang terdiri dari WHO dan pakar regulasi dari berbagai belahan dunia, memutuskan bahwa vaksin Covaxin telah memenuhi standar WHP terkait perlindungan terhadap COVID-19, dan keuntungan dari vaksin ini lebih besar daripada risikonya. Vaksin ini bisa digunakan,” tulis WHO dalam akun Twitter resminya.

Sebelumnya, penasihat WHO dikabarkan akan memberikan keputusan penggunaan Covaxin pada minggu lalu. Namun, klarifikasi tambahan dari Bharat Biotech yang menjadi perusahaan produsen Covaxin diperlukan untuk penilaian akhir terkait risiko serta manfaat vaksin tersebut.

Mengutip dari CNN, penasihat WHO yang ahli dalam bidang imunisasi merekomendasikan vaksin ini diberikan sebanyak dua dosis, dengan jarak penggunaan empat minggu. Selain itu, penggunaan vaksin ini juga direkomendasikan untuk orang yang berumur 18 tahun ke atas.

Izin penggunaan darurat yang dikeluarkan oleh WHO ini juga membuat Bharat boleh mengirimkan vaksinnya ke negara-negara yang menggunakan vaksin rujukan WHO.

Covaxin sendiri merupakan vaksin ketujuh yang diberikan izin oleh WHO. Pengakuan Covaxin dari WHO membuat masyarakat India yang telah menerima vaksin tersebut bisa pergi ke luar negeri. (DY/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *