Lensa Manca

Korut Komentari Pembuatan Kapal Selam Nuklir Australia

Korea Utara turut memberikan komentar atas kesepakatan kapal selam nuklir antara Australia, Amerika Serikat, dan Inggris. Mereka mengatakan ini bisa memicu perlombaan senjata serta mengancam keamanan di kawasan Lautan Cina Selatan (LCS).

Mengutip dari situs KNCA Senin (20/9) salah satu pejabat mengatakan bahwa ini merupakan tindakan yang tak diinginkan dan berbahaya . menurutnya tindakan tersebut akan merusak keseimbangan strategis di kawasan Asia Pasifik dan memicu serangkaian persaingan senjata nuklir.

Hal ini disampaikan setelah pada pekan lalu Korut meluncurkan dua rudal balistik ke laut. Dan Korsel membalas tindakan tersebut dengan meluncurkan rudal balistik dari kapal selam beberapa jam setelahnya.

Dilansir AFP, AS mengumumkan pakta keamanan tiga negara dengan Australia dan Inggris, sebagai bagian dari kemitraan strategis di mana kapal-kapal selam bertenaga nuklir buatan AS akan dipasok ke Australia.

Persaingan senjata ini disinyalir sebagai dampak dari permusuhan hubungan antara AS dan China yang semakin memanas hari kian hari.

“Sikap AS menikam pihak lain dari belakang menunjukkan betapa AS dan pemerintahan barunya menggerus norma internasional. Serta mengancam perdamaian dan stabilitas dunia,” ucap pejabat Korut itu.

Dengan kesepakatan tersebut, Australia akan membuat delapan kapal selam bertenaga nuklir dengan bantuan teknologi dari AS. (MRS/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *