Lensa MancaLensa Terkini

CEO Parler “John Matze” Dipecat

Parler, platform media sosial yang didukung oleh donor Partai Republik Rebekah Mercer dan disukai oleh kaum konservatif AS, telah memecat CEO-nya John Matze atas keputusan Dewan Parler, katanya pada hari Kamis.

Matze mengonfirmasi kepindahan tersebut ke Reuters, setelah sebelumnya dilaporkan oleh Fox News, dan mengatakan bahwa dia belum diberi penyelesaian.

“Pada tanggal 29 Januari 2021, dewan Parler yang dikendalikan oleh Rebekah Mercer memutuskan untuk segera menghentikan posisi saya sebagai CEO Parler. Saya tidak berpartisipasi dalam keputusan ini.”kata Matze dalam memo yang dikirim ke staf Parler.

“Selama beberapa bulan terakhir, saya selalu menghadapi penolakan terhadap visi produk saya, keyakinan kuat saya pada kebebasan berbicara dan pandangan saya tentang bagaimana situs Parler harus dikelola.”

FILE PHOTO: Sebuah tengkapan layar dari website Parler.com dan pesan CEO Parler John Matze pada 16 Januari 2021, bertuliskan “Hello world, is this thing on?”, Terlihat pada gambar yang diperoleh pada 17 Januari 2021 dari media sosial. SITUS WEB PARLER.COM / via REUTERS.

Sebagian divisi maupun website serta aplikasi Parler tetap offline sejak Amazon Web Services menolak untuk men-host website Parler serta Apple Inc dan Google yang menghapus aplikasi mereka dari app store.

Perusahaan mengutip catatan Parler dalam mengawasi konten kekerasan, setelah kelompok sayap kanan menyebarkan retorika kekerasan di platform menjelang kerusuhan di Washington.

Parler, yang didirikan pada 2018 dan mengklaim memiliki lebih dari 12 juta pengguna, telah menata dirinya sebagai ruang yang “didorong oleh ucapan bebas”.

Aplikasi ini menarik perhatian kaum konservatif AS yang tidak setuju dengan aturan seputar konten di situs media sosial seperti Facebook Inc dan Twitter Inc.

Matze mengatakan kepada Reuters pada 13 Januari bahwa Parler mungkin offline untuk selamanya, tetapi kemudian berjanji akan kembali lebih kuat.

Sumber berita:

https://www.reuters.com/article/us-parler-ceo/parler-ceo-john-matze-says-he-was-fired-by-board-idUSKBN2A33B0?il=0

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *