Lensa Jogja

Wujudkan Generasi Muda Berkualitas Melalui Posyandu Remaja

Sejak diluncurkan pada Juni lalu, keberadaan posyandu remaja di Kapanewon Sedayu, Bantul terus menunjukkan eksistensinya dalam memberikan layanan kesehatan bagi remaja.

Minggu (18/12) malam, Posyandu Remaja Derajat yang berada di Padukuhan Gunung Polo, Argorejo, Sedayu, Bantul kembali digelar. Namun untuk kegiatan kali ini, para peserta yang datang tak sekedar melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin.

Mereka juga memperoleh penyuluhan tentang edukasi sehat terkait gizi remaja yang LILA-nya di bawah 23,5 centimeter, yakni dengan rajin minum tablet tambah darah setiap hari bagi remaja putri dan ibu hamil.

Dalam kesempatan itu dilaksanakan pula kegiatan minum bersama tablet tambah darah bagi remaja putri, serta praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) agar terhindar dari infeksi. Tak ketinggalan, ditambah pula dengan aksi anggota Bhabinsa Argorejo yang turut memberikan materi penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara kepada para remaja.

Layanan penyuluhan, edukasi dan informasi ini merupakan satu dari lima layanan posyandu remaja yang menjadi program unggulan Puskesmas Sedayu II Bantul, guna mewujudkan generasi remaja yang berkualitas, sehat dan bebas dari stunting.

“Lebih-lebih ini dalam rangka Hari Ibu, kita siapkan betul-betul. Jadi nanti kita harapkan untuk remaja putri kalau sudah status gizinya bagus dan juga tidak anemi, suatu saat dia akan menjadi calon pengantin, betul-betul siap untuk mengandung dan nantinya akan melahirkan anak-anak yang sehat, anak-anak yang tidak stunting,” kata Sugeng Kriswantoro, Nutrisionis Puskesmas Sedayu II.

Merupakan bagian dari peringatan hari lahir yang ke-41, Puskesmas Sedayu II melaksanakan kampanye Apuse Ayo ke Posyandu Sehatkan Anak dan Remaja, yang bertempat di rumah data Padukuhan Gunung Polo.

Program remaja aktif datang ke posyandu dan minum tablet tambah darah ini merupakan 2 di antara 5 indikator Germas Kibas yang diluncurkan oleh Puskesmas Sedayu II.

Kampanye Apuse melaksanakan pendampingan kepada kegiatan posyandu remaja dengan melibatkan lintas sektor untuk memberikan pembinaan kepada remaja, mulai dari pendaftaran, tahap pengukuran, pencatatan, pelayanan kesehatan dan konseling, serta layanan komunikasi informasi dan edukasi. (JACK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *