Lensa MancaLensa Terkini

Siklon Tropis Ana: Fiji Mengalami Badai Mematikan Kedua Dalam Sebulan

Satu orang telah meninggal, dan lima termasuk seorang anak laki-laki berusia tiga tahun, masih hilang setelah Topan Ana menghantam Fiji pada hari Minggu, lebih dari sebulan setelah Topan kategori 5 mengoyak pulau-pulau utara negara itu. (01/02/2021)

Dua siklon sudah terbentuk di lepas pantai Fiji, dan musim siklon masih memiliki waktu tiga bulan lagi.

Angin kencang dan air banjir yang dibawa oleh Topan Ana telah merusak infrastruktur penting di seluruh Fiji. Foto: Kantor Manajemen Bencana Nasional Fiji

Lebih dari 10.000 orang tetap berada di pusat-pusat evakuasi darurat setelah hujan lebat dan angin kencang yang menyebabkan banjir parah dan kerusakan yang meluas pada bangunan, tanaman, dan infrastruktur umum.

Sebagian besar negara telah mati listrik sejak Minggu dan ada juga laporan gangguan air yang meluas. Polisi terlihat berpatroli di pusat kota dengan perahu fiberglass saat hujan deras, ditambah dengan air pasang tinggi, sistem drainase juga kewalahan. Petugas menyelamatkan dua bayi setelah pohon tumbang di rumah tempat mereka berlindung.

Polisi menyelamatkan anak-anak dari air banjir setelah Topan Ana melanda Fiji. Foto: Kantor Manajemen Bencana Nasional Fiji

“Topan Tropis Ana, yang kedua dalam sebulan keluar dari Fiji – meninggalkan kerusakan yang sulit untuk dipulihkan,” kata duta besar Fiji untuk PBB, Satyendra Prasad.

“Sebagai catatan pribadi, untuk pertama kalinya dalam sejarah bagi keluarga kami, perahu berlayar ke rumah ibu saya untuk menyelamatkannya. Kami telah tinggal di sini sejak 1921. Fiji akan membangun kembali. ”

Perdana Menteri Frank Bainimarama, yang blak-blakan tentang dampak perubahan iklim terhadap kepulauan Pasifik, mengatakan “prakiraan menempatkan satu lagi topan potensial di belakang TC Anayang akan menjadi tiga badai yang melanda Fiji hanya dalam waktu sebulan “.

“Hari ini, prioritas saya adalah keselamatan orang Fiji – tetapi seluruh dunia perlu bangun dan memperhitungkan mengapa hal ini terjadi.”

Jumlah korban diperkirakan akan meningkat mengikut pihak berwenang melakukan penilaian kerusakan, dan mencapai daerah terpencil yang terputus oleh air banjir, di hari-hari berikutnya.

Kantor Manajemen Bencana Nasional mengatakan 10.259 orang berlindung di 318 pusat evakuasi di seluruh negeri, dengan 5.776 di divisi utara Fiji yang dilanda parah oleh Siklon Yasa.

Sumber berita:https://www.theguardian.com/world/2021/feb/01/tropical-cyclone-ana-fiji-suffers-second-deadly-storm-in-a-month

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *