Lensa Jogja

DIY Kembali Ketatkan Protokol Kesehatan, Imbas Naiknya Kasus Covid-19

Kasus harian Covid-19 di beberapa wilayah Indonesia yang terus mengalami peningkatan mengakibatkan protokol kesehatan kembali diberlakukan, tak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hingga hari Selasa (8/11), terdapat penambahan 41 kasus positif Covid yang terjadi di kota Yogyakarta. Angka kasus itu meningkat sebanyak 28 kasus positif dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Mengetahui hal tersebut, Pemerintah DIY kembali melakukan pengetatan dalam penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat. Pengetatan dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan terus menggencarkan kegiatan vaksinasi.

“Yang belum melakukan vaksinasi baik dosis pertama maupun booster, diharapkan segera melakukan vaksinasi,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, dalam keterangannya, dikutip pada Rabu (9/11).

Walaupun kasus harian Covid sedang naik, Pemerintah DIY tetap mengizinkan kegiatan yang berhubungan dengan mobilitas masyarakat, namun tetap dibatasi jumlahnya berdasarkan kapasitas ruangan jika aktivitas dilakukan di dalam ruangan tertutup, serta mewajibkan masyarakat untuk terus menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Demi mencapai pengurangan kasus harian Covid, Pemerintah DIY pun melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pihak dan aparat yang terkait.

“Kita sudah koordinasi dengan beberapa kabupaten, Pol PP dan kepolisian juga akan terus mengawasi dan melakukan pengecekan,” ungkap Aji. (AN)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *