Lensa Jogja

Semarakkan HKN, Dinkes Boyolali Gelar Aksi Bergizi dan Senam Sehat

Guna menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali, Jawa Tengah menggelar serangkaian acara, salah satunya senam sehat dan aksi bergizi di area Car Free Day, Minggu (6/11).

Acara yang melibatkan warga dan juga anak-anak muda itu, juga menggelar kegiatan minum vitamin penambah darah bersama-sama sebagai wujud dari aksi bergizi. Minum vitamin penambah darah dipimpin langsung oleh Bupati Boyolali Muhammad Said Hidayat dan juga Wakil Bupati Wahyu Irawan.

Dalam gelaran bertema kesehatan itu, Dinkes bekerja sama dengan Rumah Sakit Indriyanti, Dinas Ketahanan Pangan, DPRD, dan panitia HKN.

Said Hidayat dalam kesempatannya mengatakan, acara senam sehat dan aksi bergizi yang dilakukan bersama anak muda itu, selain menjadi langkah bersama menyemarakkan HKN, kegiatan minum tablet tambah darah juga diharapkan bisa menjadi upaya membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan.

“Juga khususnya bagi remaja putri, untuk menumbuhkan kesadaran dalam menjaga kesehatan reproduksinya. Tentunya adalah upaya bagaimana langkah pemerintah Kabupaten Boyolali menurunkan angka stunting,” katanya.

Lebih lanjut, ia pun menjelaskan melalui peringatan HKN, agar masyarakat dan pemerintah daerah bisa  melangkah bersama menata bersama, untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Boyolali. 

“Baik dari peningkatan gizi, kesehatan reproduksi, juga kesehatan jiwa, menjaga kebersihan personal dan sanitasi, dan langkah-langkah dalam upaya membangun kesadaran,” jelasnya.

Tak hanya itu, Bupati Said juga berpesan kepada masyarakat untuk ‘Ojo Kawin Bocah’ (jangan kawin anak).

“Seperti kata Gubernur Jawa Tengah ojo kawin bocah, ojo do kesusu nikah (jangan terburu-buru menikah), artinya langkah inilah yang mesti kita bangun  kesadaran bersama bagi generasi ke depan,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Dinkes Boyolali, Puji Astuti, mengatakan bahwa dalam rangka Hari Kesehatan Nasional dengan “Temakan Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku” itu, pihaknya menggelar berbagai acara. Salah satunya aksi bergizi itu dilakukan untuk mencegah anemia pada perempuan usia remaja.

“Hari ini senam sehat dan aksi bergizi di area Car Free Day, ziarah ke makam pada tanggal 11 november 2022, dan puncak acara digelar pada Sabtu (12/11) di Alun-Alun Kidul,” katanya. (AR/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *