Lensa Jogja

Menanti Kepastian, Ratusan Calon Jamaah Haji Bantul Divaksin

Sebanyak 400 calon jemaah haji di Bantul yang telah terdaftar di kementerian agama, selasa siang menjalani vaksinasi covid-19. Keseluruhan peserta merupakan calon jamaah haji yang telah berusia lanjut.

Bertempat di kantor dinas kesehatan, kabupaten Bantul satu persatu calon jamaah haji mendapat suntikan vaksin covid-19 jenis Sinovac.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih yang turut menyaksikan secara langsung jalannya vaksinasi mengapresiasi program dari kementerian kesehatan RI tersebut.

Pemberian vaksinasi ini selain untuk meningkatkan imunitas lansia juga sebagai langkah antisipasi jika ijin keberangkatan calon jamaah haji disetujui oleh pemerintah Arab Saudi.

Kelompok lansia menjadi prioritas pemberian vaksinasi karena merupakan kategori rentan terpapar covid-19. Meski keberangkatan calon jamaah haji tahun ini masih belum ada kepastian.

400 orang tersebut merupakan daftar calon jamaah haji asal Bantut yang gagal berangkat pada tahun lalu dampak wabah pandemi covid 19, dari total 927 orang.

Secara teknis pelaksanaan vaksinasi akan dilaksanakan selama dua hari masing-masing 200 orang dengan melibatkan sekitar 30an tenaga kesehatan.

Sedangkan untuk 130 ribu lansia lainnya rencananya akan segera dilakukan vaksinasi massal yang dilaksanakan di setiap puskesmas masing-masing kecamatan. (Jkp/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *