HeadlineLensa Terkini

Indonesia Kirim Bantuan ke Pakistan, Uang Hingga Tenaga Medis

Presiden Jokowi melepas keberangkatan dua pesawat Indonesia yang akan terbang ke Pakistan guna mendistribusikan sejumlah bantuan.

Sebagaimana diketahui, Pakistan baru saja dilanda banjir besar yang telah merusak banyak infrastruktur dan kurang lebih 800 ribu warganya mengungsi.

“Untuk meringankan beban saudara-saudara kita di Pakistan dan sebagai wujud solidaritas internasional, pemerintah Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan berupa kurang lebih 1 juta Dolar AS bantuan dana tunai dan juga bantuan barang-barang yang hari ini segera kita berangkatkan,” kata Jokowi, Senin (26/9).

Bantuan yang dikirim dalam kloter pertama ini berupa berbagai kebutuhan dasar seperti tenda, pakaian, selimut, kantung tidur, generator, dan obat-obatan beserta bahan medis.

Sementara bantuan kloter kedua, nantinya Indonesia akan mengirim sejumlah tenaga kesehatan untuk melayani warga Pakistan yang terdampak.

“Kita juga tengah menyiapkan bantuan berupa tenaga kesehatan yang nantinya segera akan dikirimkan untuk memberikan pelayanan medis pada warga Pakistan yang terdampak bencana,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pakistan dilanda banjir bandang yang merendam setidaknya sepertiga bagian negara tersebut. Hal itu menyebabkan seluruh infrastruktur lumpuh seketika dan kurang lebih 1000 nyawa melayang.

Selain disebabkan oleh hujan yang lebih deras dan parah dari sebelumnya, Pakistan juga dilanda bencana  mencairnya Gletser yang kian memperparah kondisi banjir yang sudah ada. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *