Lensa Manca

Skandal Pemerkosaan: PM Australia Rombak Kabinet, Copot Jaksa Agung dan Menteri Pertahanan

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mencopot jaksa agung dan menteri yang dituduh terlibat dalam skandal pemerkosaan, setelah berminggu-minggu mendapat tekanan dari publik.

Christian Porter tidak lagi menjadi jaksa agung tetapi akan tetap berada di kabinet dalam struktu kabinet yang baru saja dirombak.

Porter dengan tegas menolak tuduhan bahwa ia memperkosa seorang gadis pada tahun 1988 ketika dia berusia 17 tahun.

Menteri pertahanan Linda Reynolds juga dicopot dari jabatannya. Tetapi ia juga akan tetap berada di kabinet sebagai menteri layanan pemerintah.

Posisi Porter sebagai Jaksa Agung dan Menteri Hubungan Industrial akan digantikan oleh Michaelia Cash. Namun dalam perombakan kabinet, ia akan menempati posisi di sektor sains dan teknologi.

Pada hari Senin, Porter mengatakan ia harus diganti sebagai jaksa agung setelah melayangkan gugatan hukum pencemaran nama baik terhadap ABC.

“[Ini] tidak mengubah apa pun sehubungan dengan prinsip krusial yang mengharuskan saya untuk memulai proses pencemaran nama baik,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Adapun Morrison mengangkat sejumlah pejabat perempuan dalam perombakan kabinat pada Senin (29/03).

Morrison menghadapi tekanan kuat dalam beberapa pekan terakhir untuk menanggapi serangkaian tuduhan pemerkosaan, pelanggaran dan seksisme yang mengguncang politik Australia.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *