Lensa Manca

Kim Jong Un Tegaskan Korut Siap Perang Nuklir dengan AS atau Korsel

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, mengatakan bahwa negaranya siap atas perang nuklir dan setiap bentrokan militer dengan Amerika Serikat, pada Kamis (28/7).

Pernyataan tersebut, datang di tengah tanda-tanda bahwa Korea Utara sedang melakukan uji coba nuklir pertamanya sejak 2017.

Melansir dari chanelnewsasia.com, pada Kamis (28/7), Media pemerintah KCNA melaporkan, jika Kim Jong-un melontarkan pernyataan tersebut pada pidatonya di peringatan 69 tahun gencatan senjata Perang Korea pada Rabu (27/7). Peringatan itu, secara teknis masih menandai bahwa Korut dan Korea Selatan masih dalam masa peperangan.

Pada pidatonya tersebut, presiden Korea Utara menegaskan bahwa negaranya siap untuk setiap konfrontasi militer dengan Amerika Serikat

“Saya sekali lagi menjelaskan bahwa Korea Utara sepenuhnya siap untuk setiap konfrontasi militer dengan Amerika Serikat,” kata Kim.

Kim juga mengecam pemerintahan Korea Selatan di bawah kepemimpinan Yoon Suk-yeol. Ia mengatakan, jika setiap upaya untuk melumpuhkan Korea Utara akan mendapat tanggapan keras dan “pemusnahan” dari Korea Utara.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, Korea Utara tengah menguji rudal hipersonik dan rudal yang dikatakan dapat membawa senjata nuklir taktis, Seoul juga harus mempersempit waktu untuk menanggapi serangan.

Sebelumnya pun, Korsel melaporkan bahwa Korut diduga telah melakukan ujo coba peluncuran roket.

Tak lama usai laporan ini dirilis, Kantor Keamanan Nasional Korsel langsung menggelar rapat darurat. Mereka menyatakan “memantau ketat” situasi dan mewaspadai penembakan lanjutan dari Korut. (SC/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *