HeadlineLensa Terkini

Sudah Terdaftar PSE Domestik, Google Batal Diblokir Kominfo

Pendaftaran PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) Lingkup Privat sudah ditutup pada Kamis (21/7). Mesin pencari Google Akhirnya sudah terdaftar di PSE Kominfo.

Dalam keterangan persnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengonfirmasi bahwa Google beserta beberapa layanannya, sudah mendaftarkan diri di Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) sehingga tidak jadi diblokir.

“Kita barusan dapet kabar, Google mendaftarkan empat lagi tambahan selain kemarin (Rabu, 20/7) mendaftarkan Cloud dan Ads-nya, sekarang mereka mendaftarkan YouTube, Search Engine, dan Play Store, dan Google Maps,” ungkap Samuel, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, dikutip pada Jumat (22/7).

Nama Google ternyata sudah terdaftar di Kementerian Kominfo. Namun menggunakan nama perusahaan lokal dan berada dalam kategori PSE domestik di laman pse.kominfo.go.id.

Samuel menjelaskan, sebelumnya Google juga telah mendaftarkan layanannya dan masuk ke dalam PSE Domestik, yaitu Google Cloud.

“Memang PT Google Cloud itu ada di domestik, PT-nya ada di sini, bangunannya juga ada di sini, mereka memang PT lokal, PT Google Cloud Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Semuel juga mengungkapkan alasan adanya kebijakan tersebut, sehingga sempat membuat masyarakat merasa resah.

“Ini adalah bagian daripada kita menjaga ruang digital kita lebih kondusif, lebih aman dan nyaman, agar masih banyak kegiatan masyarakat yang dilakukan di ruang digital, dan akan mengangkat ekonomi digital kita,” ungkap dia.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran aturan PSE telah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Batas waktu pendaftaran, PSE Lingkup Privat, baik yang lokal maupun asing untuk mendaftarkan diri adalah hingga 20 Juli 2022 lalu.

Pendaftaran PSE ini, disebut sebagai bentuk perlindungan masyarakat dari kejahatan korporasi yang tersistem, seperti kejahatan sistematik yang dilakukan oleh Binomo dan DNA Pro beberapa waktu lalu. (SC/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *