Lensa Manca

Bendera Ukraina Kembali Berkibar di Pulau Ular, Rusia: Ini Sebagai Itikad Baik

Bendera kebangsaan Ukraina, kembali berkibar di pulau ular, pada Senin (4/7). Berkibarnya bendera tersebut, sebagai tanda bahwa Rusia telah beranjak dari pulau tersebut.

“Bendera Ukraina berkibar di pulau itu. Operasi sudah rampung. Pulau itu kembali ke kekuasaan Ukraina,” ujar juru bicara Komando Selatan militer Ukraina, Natalia Humaniuk, dikutip dari AFP, pada Selasa (5/7).

Pulau Ular merupakan salah satu pulau yang menjadi jalur lalu lintas produk agrikultur penting di negara itu. Rusia mengaku, penarikan pasukan militer Rusia dari pulau ular, merupakan tindakan baik agar Ukraina dapat kembali mengeksplor produk agrikultur.

“Sebagai itikad baik, angkatan bersenjata Rusia merampungkan tugasnya di Pulau Ular dan menarik garnisun di sana,” ucap Kementerian Pertahanan Rusia.

Kemhan Rusia juga menegaskan, bahwa negaranya tidak menghalangi PBB untuk membangun koridor kemanusiaan, sehingga Ukraina dapat mengirimkan produk unggulannya yaitu gandum ke seluruh dunia.

Namun, Ukraina justru menuding Rusia mencuri gandum dari sejumlah unit penyimpanan. Hal tersebut justru menyebabkan kekurangan pangan secara global.

Beberapa analis mengatakan, mundurnya Rusia dari Pulau Ular di lepas pantai barat daya Ukraina, dapat melonggarkan blokadenya di pelabuhan Ukraina.

Tetapi, seorang diplomat asing yang berbasis di Kyiv, juga mengatakan bahwa itu masih belum cukup untuk memungkinkan transit yang aman dari biji-bijian Ukraina. (AI/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *