Lensa Manca

27 Tahun Menemani, Internet Explore Resmi Pensiun Per Hari Ini

Siapa yang tidak kenal aplikasi browser Internet Explore? Mesin pencarian berlogo huruf ‘e’ dengan lingkaran di atasnya itu, kini sudah genap berusia 27 tahun, sejak kemunculannya pada 1995 silam.

Internet Explore yang merupakan produk dari Microsoft itu, biasanya ada di setiap versi OS (operating system) berbasis windows. Seiring berjalannya waktu, Internet Explore terus melakukan pembaruan, dan selalu bisa menyesuaikan dengan windows versi terbaru.

Terakhir, Internet Explore masih bisa diakses di PC atau laptop dengan windows 10. Namun, begitu masuk Windows 11, Internet Explore tak lagi tersedia.

Hal itu pun, berkaitan dengan diumumkannya kabar, bahwa Internet Explore akhirnya pensiun dari dunia digital.

Melansir dari berbagai sumber, Microsoft resmi menghentikan pengoperasian Internet Explore, mulai hari ini, Rabu (15/6). Dikatakan, bahwa Internet Explore memang sudah cukup tua usianya. Selain itu, Internet Explore  juga semakin ditinggal oleh penggunanya, yang kini mulai beralih ke browser lain, seperti Google dan Chrome.

Sebagai pengganti, Microsoft kemudian meluncurkan Microsoft Edge, yang mana melalui browser ini, Internet Explore pun nantinya dapat diakses dengan dengan beberapa langkah yang harus dilakukan.

Microsoft Edge muncul dengan berbasis Chromium sebagai browser web default mereka. Untuk dapat mengakses Internet Explore, pengguna hanya perlu mengunjungi situs edge://setting/defaultbrowser, dan kemudian klik ‘izinkan situs untuk dimuat ulang di internet explore’, kemudian mulai ulang browser web.

Setelah itu, pengguna dapat mempelajari lebih detail melalui panduan yang ditampilkan, tentang bagaimana menggunakan Microsoft Edge dan apabila ingin kembali ke Microsoft Edge dari Internet Explore.

Tambahan  informasi, Internet Explore tidak akan lagi bisa diakses di Windows 7 ESU, Windows 8.1 dan semua versi klien Windows 10 LTSC, IoT, dan Server. Untuk klien Windows 10, akan mendapatkan versi 20H2 terbaru, dan begitu pula dengan Windows 10 loT, juga akan ada versi terbaru. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *