Lensa Manca

Monumen Persahabatan Rusia dan Ukraina Dirobohkan di Kiev

Ibukota Ukraina, Kiev merobohkan monumen yang melambangkan persahabatan antara Rusia dan Ukraina. Perobohan monumen ini dilakukan sebagai bentuk protes karena invasi Rusia ke Ukraina.

“Monumen ini melambangkan persahabatan anatara Ukraina dan Rusia. Kita sekarang melihat apa persahabatan ini telah menghancurkan kota di Ukraina, kehidupan masyarakat Ukraina, dan membunuh puluhan ribu orang yang berada dalam damai,” kata Vitaly Klitscho, selaku Walikota Kiev, dikutip dari Washington Examiner, Kamis (28/4).

Momen perobohan monumen itu, disaksikan langsung oleh sekitar 100 orang. Slogan “Kemuliaan bagi Ukraina” dan slogan-slogan lainnya, digaungkan pada saat perobohan tersebut.

“Rusia menginvasi Ukraina. Bisakah kita berteman dengan Rusia? Ini adalah musuh terburuk kita, itulah sebabnya monumen persahabatan Rusia-Ukraina tidak masuk akal lagi,” kata Serhiy Myrhorodsky, salah satu penggerak terjadinya perobohan monumen tersebut.

Monumen persahabatan Rusia dan Ukraina berbentuk patung perunggu setinggi 8 meter, yang menggambarkan seorang pekerja Ukraina dan Rusia, yang memegang tatanan persahabatan Soviet.

Patung tersebut terletak di bawah lengkungan yang bernama “Lengkungan Persahabatan Rakyat”, yang didirikan pada 1982 sebagai peringatan ulang tahun Uni Soviet yang ke-60 tahun.

Namun dengan adanya perobohan monumen ini, “Lengkungan Persahabatan Rakyat” diganti namanya menjadi “Lengkungan Kebebasan Rakyat Ukraina”. (AI/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *