Lensa Manca

Kerenn!!! Jepang Kembangkan Sumpit Listrik Penambah Rasa Asin

Jepang baru-baru ini kembali ‘berulah’ lagi, dengan menciptakan sebuah teknologi baru. Hasil inovasi teknologi kali ini berbeda dengan sebelumnya. Inovasi yang mereka ciptakan lahir di bidang kuliner, yakni sumpit.

Lalu apa yang dibuat berbeda dari sebuah sumpit oleh negeri bunga Sakura itu?

Ini jawabannya, sumpit berteknologi terbaru kali ini, dibuat dengan bisa menambah rasa asin pada makanan, ketika sedang digunakan. Tentu saja, sumpit ini dapat membantu konsumen dalam melakukan diet garam.

Dilansir dari Reuters, Senin (25/4), sumpit makan ini diciptakan oleh salah satu profesor dari Universitas Meiji, Homei Miyasita dan Pembuat minuman Kirin Holdings Co.

Sumpit ini dikembangkan dengan aliran listrik yang dihubungkan melalui gelang. Perangkat tersebut, bekerja menggunakan arus listrik yang lemah untuk mengirimkan ion natrium dari makanan melalui sumpit, kemudian akan menciptakan rasa asin dan meningkat sebanyak 1,5 kali lipat.

Di Jepang, penggunaan sumpit ini sangat relevan, karena orang-orang Jepang cenderung mengonsumsi makanan asin. Rata-rata, orang dewasa di Jepang mengonsumsi sekitar 10 gram garam per hari.

Penggunaan natrium yang berlebihan pada makanan, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke dan lainnya.

Peneliti Kirin Ai Sato mengatakan, untuk mencegah penyakti ini, konsumen harus mengurangi penggunaan jumlah kadar garam.

Harapannya dari sumpit tersebut, dapat membantu mereka yang perlu mengurangi natrium dalam makanan  atau masyarakat  yang sedang melakukan diet garam. (AIS/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *