HeadlineLensa Manca

Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip Wafat Usia 99 Tahun

Istana Buckingham Inggris mengabarkan kabar duka. Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, meninggal pada usia 99 tahun, Jumat pagi (9/4), seperti yang dilaporkan BBC.

“Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh,” jelas pengumuman yang disampaikan Istana.

“Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor”

Pada bulan lalu, Duke of Edinburgh meninggalkan rumah sakit setelah dirawat selama sebulan. Sang pangeran menjalani prosedur untuk penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya di rumah sakit London, St Bartholomew’s.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II memiliki empat anak, delapan cucu dan sepuluh cicit.

Putra pertama keduanya Pangeran Wales, Pangeran Charles, lahir pada tahun 1948, diikuti oleh saudara perempuannya, Putri Kerajaan, Putri Anne, pada tahun 1950, Duke York, Pangeran Andrew, pada tahun 1960 dan Earl of Wessex, Pangeran Edward, pada tahun 1964.

Pangeran Philip lahir di pulau Corfu Yunani pada 10 Juni 1921. Ayahnya adalah Pangeran Andrew dari Yunani dan Denmark, putra bungsu Raja George I dari Hellenes.

Ibunya, Putri Alice, adalah putri Lord Louis Mountbatten dan cicit Ratu Victoria.

Pangeran Philip menikah dengan Putri Elizabeth pada 1947, lima tahun sebelum Elizabeth menjadi Ratu, yang merupakan permaisuri kerajaan terlama dalam sejarah Inggris.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *