HeadlineLensa Terkini

Viral! Harimau Sumatra Hadang Alat Berat Saat Pembukaan Lahan

Setelah sebelumnya sempat viral seekor komodo yang menghadang alat berat di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2020 lalu, kini dihebohkan lagi dengan seekor Harimau Sumatra yang juga menghadang alat berat di Sumatera Barat.

Sebuah potongan video amatir beredar luas di media sosial sejak Selasa (18/1) lalu. Video tersebut menampilkan seekor Harimau Sumatra yang tampak berdiri dan kemudian duduk di depan alat berat yang hendak melintas.

Bukan itu saja, video kedua juga menampilkan harimau lain yang sedang menahan pepohonan yang hendak ditarik oleh alat berat.

Video tersebut diketahui direkam oleh pekerja perusahaan perkebunan di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, yang hendak menebang area hutan untuk pembukaan lahan.

Sementara itu, Kepala BKSDA Sumatera Barat Ardi Andono membenarkan fenomena ini. Ia menyebut bahwa harimau tersebut merasa terganggu saat ada alat berat yang masuk ke habitatnya.

“Itu Harimau Sumatra yang keluar dari habitatnya dan merasa terganggu oleh kegiatan pembukaan lahan yang dilakukan oleh dua ekskavator,” kata Ardi dalam keterangannya.

Ia juga mengimbau kepada pihak perusahaan di balik kegiatan ini, untuk menunda sementara kegiatan pembukaan lahan tersebut. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *