HeadlineLensa Terkini

Kemenkes Kembali Umumkan Omicron Kini Bertambah Jadi 8 Kasus

 Kementerian Kesehatan RI melalui Juru Bicara Vaksinasi, Siti Nadia Tarmidzi kembali mengumumkan adanya pertambahan kasus Omicron di tanah air. Setelah sebelumnya terjadi penambahan kasus menjadi 5 orang, kini dikabarkan telah bertambah lagi menjadi 8 orang terkonfirmasi Omicron.

Nadia mengatakan bahwa tiga orang baru ini, merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru saja datang dari Kongo dan Malaysia. Saat ini, diketahui mereka tengah menjalani karantina di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

“Semua kasus Omicron di Indonesia berasal dari luar negeri (imported case). Temuan ini menunjukkan bahwa semua kasus terjadi di karantina, jadi bisa kita kita tangkal di karantina dan sampai saat ini belum ada yang menyebar keluar,” kata Nadia dalam keterangannya, seperti dilansir dari situs Kemenkes, Jumat (24/12).

Ia kemudian menambahkan, bahwa yang harus dilakukan bukan saja pengetatan di perbatasan oleh pemerintah, melainkan pihaknya juga akan memperkuat kegiatan surveilans dan peningkatan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS).

“Langkah ini untuk menemukan kasus terkonfirmasi sejak dini, sehingga bisa segera dilakukan karantina maupun penanganan medis bagi kasus yang bergejala,” tambahnya.

Sekali lagi, Nadia kembali mengingatkan dan mengimbau agar masyarakat menunda atau bila perlu membatalkan adanya rencana bepergian ke luar negeri, sampai situasi kembali kondusif. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *