Lensa Manca

Istri Gembong Narkoba Meksiko ‘El Chapo’ Muncul Di Pengadilan AS

Emma Coronel Aispuro, istri gembong kartel narkoba Meksiko Joaquin “El Chapo” Guzman, muncul untuk pertama kalinya di pengadilan federal di Washington pada Rabi atas tuduhan membantu suaminya menjalankan kerajaan narkoba.

Coronel, 31, mantan ratu kecantikan, ditangkap di Bandara Internasional Dulles pada hari Senin. “Terdakwa ini bekerja erat dengan struktur komando dan kontrol organisasi perdagangan narkoba Meksiko yang dikenal sebagai kartel Sinaloa,” kata seorang pengacara pemerintah selama dengar pendapat secara virtual pada Selasa.

Coronel ditahan sementara di penjara Alexandria, Virginia, dan pengacaranya diharapkan mengajukan jaminan. Pihak berwenang mengatakan Coronel mengirimkan pesan untuk membantu Guzman melakukan perdagangan narkoba dari 2012 hingga awal 2014, dan terus mengirimkan pesan saat mengunjunginya di penjara Meksiko setelah penangkapannya pada Februari 2014.

Mereka juga mengatakan Coronel bersekongkol dalam pelarian Guzman yang terkenal pada Juli 2015 dari penjara Altiplano di Meksiko melalui terowongan sepanjang satu mil yang digali dari selnya, dan mulai merencanakan pelarian lain setelah penangkapannya pada Januari 2016 oleh otoritas Meksiko. Jika terbukti bersalah atas semua tuduhan, Coronel menghadapi hukuman penjara seumur hidup dan potensi denda hingga 140 miliar rupiah.

Sumber berita :

https://www.reuters.com/article/us-usa-mexico-cartel-wife/wife-of-mexican-drug-kingpin-el-chapo-appears-in-u-s-court-charged-with-ties-to-sinaloa-cartel-idUSKBN2AN215

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *