Lensa Manca

Polusi Masih Parah, India Kukuh Buka Sekolah

Sekolah di New Delhi akan kembali dibuka pekan depan meski India hingga saat ini masih diselimuti polusi udara setelah penerapan lockdown parsial.

“Sejumlah sekolah, kampus, dan institusi bisa dibuka kembali Senin pekan depan,” ujar Gopal Rai, Menteri Lingkungan Negara Bagian Delhi, dikutip dari AFP pada Kamis (25/10).

Ia menambahkan, karyawan kantor pemerintahan yang sebelumnya bekerja dari rumah juga akan kembali berkegiatan kantor. Pejabat juga disarankan untuk menggunakan transportasi publik.

Pembatasan aktivitas konstruksi juga akan dilonggarkan. Pembersih elektronik dan kendaraan yang menggunakan gas alam akan diizinkan kembali memasuki wilayah Delhi.

Menurut IQAir, sebuah laporan pemantau kualitas udara yang berbasis di Swiss, partikel udara di Delhi berkisar di angka 120 mikrogram per meter. Angka tersebut delapan kali lebih tinggi dari batas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Meskipun begitu, kondisi saat ini sudah lebih baik dibanding pekan lalu, saat polutan udara di Delhi 30 kali lebih tinggi dari batas maksimum yang ditetapkan WHO.

Delhi memang biasa diselimuti asap tebal setiap musim dingin, usai para petani di negara bagian utara membakar sisa pertanian mereka. Polusi menjadi lebih parah ketika menginjak tahun 2021. Atas kejadian tersebut, pemerintah setempat pun menerapkan lockdown parsial pekan lalu.

Saat dilakukannya lockdown parsial, pemerintah meminta pembangkit batubara dinonaktifkan, melarang kendaraan non-esensial, melakukan pembatasan terhadap pekerjaan konstruksi, serta mendesak warga warga tetap di rumah.

Selain itu, Komisi Pengelola Kualitas Udara Delhi juga meminta alat anti-kabut dan semprotan air beroperasi tiga kali sehari di tempat-tempat yang berpolusi.Langkah tersebut menuai kritik dari para pengamat. Menurut mereka, kebijakan tersebut tak mengubah apapun.

Sayangnya, pemerintah dinilai gagal mengatasi akar masalah dari polusi pabrik, polusi kendaraan, dan pembakaran pohon yang menyatu menjadi kabut beracun. (DY/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *