HeadlineLensa Terkini

Bandara Soekarno-Hatta Akan Terapkan Face Recognition Awal 2022

PT Angkasa Pura II (Persero) mengumumkan bahwa pihaknya telah menyusun rencana untuk menerapkan sejumlah layanan terbaru di Bandara Soekarno-Hatta. Muhammad Awaluddin, Presiden Direktur AP II mengatakan, bahwa layanan terbaru ini akan mulai berlaku pada Januari 2022 mendatang, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Didukung dengan adanya aplikasi Travelin, Awaluddin menyebut bahwa pembaruan layanan ini merupakan upaya dalam menghadirkan layanan berstandar global, dengan mengintegrasikan layanan online dengan offline.

“AP II memiliki layanan online melalui aplikasi travelin yang menyediakan berbagai kebutuhan traveler mulai dari sebelum perjalanan, saat melakukan perjalanan dan setelah perjalanan. Secara berkelanjutan, aplikasi travelin ini selalu dikembangkan untuk terus mendukung layanan offline yang ada di bandara,” kata Awaluddin, dikutip dari situs resmi Angkasa Pura 2, Senin (22/11).

Dalam aplikasi Travelin itu, terdapat fitur TravelinLane yang akan menjadi jalur khusus bagi calon penumpang pesawat dalam memproses keberangkatan. Sehingga mereka tidak perlu lagi menunjukkan kartu identitas dan boarding pass fisik, ketika akan menjalani pemeriksaan di Security Check Point 2 (SCP 2).

Kemudian calon penumpang hanya perlu menunjukkan wajahnya di alat face recognition untuk memverifikasi data diri.

“Dengan sistem face recognition maka aspek keamanan di Bandara Soekarno-Hatta akan semakin meningkat ke level berikutnya. Secara bertahap travelinLane termasuk sistem face recognition dan autogate ini akan kami terapkan juga di bandara-bandara AP II lainnya,” tambah Awaluddin. (AKM/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *