Lensa Manca

Taliban Tangkap Seorang Pria Pelaku Prostitusi di Afganistan

Pemerintahan Afghanistan di bawah rezim Taliban menangkap seorang pria karena diduga terlibat dalam human trafficking dan menjual 130 perempuan di wilayah utara negara itu.

Damullah Seraj, Kepala Polisi Tingkat Provinsi Afghanistan,  mengatakan pria ini ditangkap di provinsi Jawzjan utara pada Senin (15/11).

“Kami masih melangsungkan tahap awal investigasi. Kami berharap dapat bisa menemukan informasi lebih terkait kasus ini nanti,” kata Seraj, melansir dari AFP Selasa (16/11) .

Mohammad Sardar Mubariz, Kepala Polisi di Distrik Jawzjan, mengatakan dalam melaksanakan modusnya pria itu menargetkan perempuan kelas menengah ke bawah dan menjanjikan mereka pernikahan dengan calon suami kaya.

Namun, pria ini malah menjual para perempuan tersebut sebagai budak ke provinsi lain. Penipuan ini setidaknya telah dilakukannya kepada 130 perempuan.

Sejak Taliban berkuasa di Afghanistan, negara ini terus mengalami kesulitan seperti pemboman, kemiskinan, dan penculikan di kota kota besar. Situasi sulit seperti inilah yang dimanfaatkan oleh para oknum.

Tak hanya berhadapan dengan krisis ekonomi, Taliban mesti berhadapan  dengan ISIS-K yang terus melakukan perlawanan terhadap Taliban.

“Mereka ISIS mencoba melemahkan dan menghancurkan reputasi Emirat Taliban. Emirat menjanjikan keamanan dan mereka mencoba menunjukkan bahwa Taliban tidak dapat menjaga keamanan negara itu,” kata Antonio Giustozzi, Spesialis Kelompok Jihad dari Royal United Services Institute di London, dikutip dari Reuters. (MRS L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *