Lensa Jogja

Sandiaga Uno Jadi Pengunjung Pertama Desa Nglanggeran Usai Pandemi

Desa Wisata Nglanggeran merupakan sebuah destinasi wisata alam budaya dan edukasi dari kearifan gunung api purba. Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menjadi pengunjung pertama di Desa Wisata Nglanggeran. Setelah sempat tutup, hampir selama satu setengah tahun akibat Pandemi Covid-19.

Desa wisata yang terletak di Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunung Kidul ini pernah dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik ASEAN  tahun 2017 dengan Konsep Community Based Tourism.

Sandiaga Uno beserta rombongan disambut dengan Tarian Reog Khas Nglanggeran yang dibawakan oleh Warga Desa Nglanggeran yang kebanyakan berprofesi sebagai petani. Di waktu senggang, para petani tersebut ikut berkesenian dengan tampil di Desa Wisata Nglanggeran.

Dengan mengenakan blangkon, sembari menikmati tarian sambutan Desa Wisata Nglanggeran, mas menteri sempat turun langsung berjabat tangan dengan penari serta mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan.

Desa Wisata Nglanggeran menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Internasional Best Tourism Village yang digelar oleh Organisasi Pariwisata Dunia PBB , UNWTO. Sebelumnya, Desa Wisata Nglanggeran juga telah menerima banyak penghargaan baik nasional maupun internasional.

Selain meyuguhkan suasana alam di Desa Wisata Nglanggeran juga memiliki jalur tracking gunung api purba yang juga cocok untuk berolahraga.

Di akhir kunjungannya, Sandiaga Uno yang memang hobi berolahraga ini diajak melakukan tracking Gunung Api Purba dengan menaiki seratus anak tangga dan melihat sejarah yang tersimpan di dalamnya. Kemudian, menuju ke Area Embung Nglanggeran. (UW L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *