Lensa Jogja

Perhatikan Syarat Ganti Foto KTP Baru Dengan Cara Drive Thru

Setelah ditutup lantaran adanya kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat beberapa bulan lalu, kini layanan drive thru pencetakan kartu tanda penduduk elektronik kembali dibuka. Bertempat di halaman kompleks balaikota Yogyakarta, satu unit mobil dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil siap melayani masyarakat yang ingin mengganti KTP yang rusak maupun mencetak kembali KTP yang hilang. (20/02/2021)

Pencetakan ulang KTP kali ini dikhususkan bagi warga kota Yogyakarta yang langsung dilayani tanpa turun dari kendaraan, lantaran prosesnya hanya menunggu selama lima menit. Mulai dibuka senin lalu, layanan drive thru cetak KTP dibuka setiap senin hingga kamis, mulai jam 9 pagi hingga 12.30.

Kembali dibukanya layanan drive thru tersebut melihat tingginya permintaan masyarakat untuk memperbarui tampilan kartu identitasnya yang mana setiap harinya terdapat 100 hingga 150 permintaan. Menurut kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Yogyakarta, Christina Lucy Irawati menyatakan syarat utama yang harus dipenuhi yakni dengan membawa kartu keluarga dan tambahan surat keterangan kehilangan dari polisi bila ingin mencetak KTP yang hilang.

“Menindaklanjuti pelayanan Dinduk tahun 2020, mulai senin kemarin tanggal 15, kami nanti setiap hari senin, selasa, rabu, dan kamis di pemerintah kota Yogyakarta melakukan pelayanan drive thru untuk KTP yang hilang dan KTP yang rusak warga kota Yogyakarta. Bisa kami layani disitu dengan membawa kalau hilang membawa laporan kepolisian yang bersangkutan melapor sendiri, kemudian kartu KK yang asli, kita layani di drive thru itu tidak ada 5 menit selesai. Kalau yang rusak hanya membawa kartu keluarga saja.” Ucap Christina Lucy Irawati, Kadindukcapil kota Yogyakarta.

Pembukaan kembali layanan drive thru disambut antusias oleh warga kota Yogyakarta dimana hari pertama puluhan hingga ratusan orang ikut mengantri. Menurut salah satu pemohon pencetakan ulang KTP, Ari Dewanto menyatakan layanan drive thru tersebut sangat membantu dan lebih memudahkan lantaran persyaratan yang harus dipenuhi hanya membawa satu lembar kartu keluarga asli.

“Jadi ada mempermudah dan memperlancar kalau mau mengganti kartu KTP rusak. Syarat-syaratnya mudah, Bawa KTP sama KK asli bisa langsung dilayani. Nggak lama. Cuma bentar kok, kalau lancar cuma 5 menit.” Ucap Ari Dewanto, masyarakat Yogyakarta.

Diharapkan layanan pencetakan KTP tersebut dapat memenuhi permintaan masyarakat serta dapat menghindari dari penularan Covid 19 lantaran dilaksanakan dari atas kendaraan masing-masing yang tidak menimbulkan kerumunan. (Sna/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *