Lensa Manca

Rusia dan Negara Asia Tengah Sepakat Akan bantu Afganistan

Rusia dan sejumlah negara di Asia Tengah melakukan pertemuan dengan Afganistan yang bertajuk Internasional Moscow Format Consultations On Afganistan pada Rabu, (20/10).

Selain perwakilan Rusia dan Taliban, pertemuan tersebut  dihadiri oleh perwakilan khusus atau pejabat senior dari China, Pakistan, Iran, India, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Hasil pertemuan tersebut, negara di kawasan sepakat untuk terus mendorong keamanan di Afghanistan guna menjaga kestabilan kawasan. Sementara untuk kebijakan dalam negeri, mereka meminta Taliban untuk menghormati hak-hak kelompok etnis, perempuan dan anak-anak.

Perwakilan negara-negara tersebut juga menyerukan untuk konsolidasi pemberian bantuan kemanusiaan dan ekonomi, yang mendesak kepada rakyat Afghanistan dalam rekonstruksi pasca-konflik negara itu.

Sergey Lavrov, Menteri Luar Negeri Rusia tak luput memuji Taliban atas upaya menstabilkan situasi militer-politik di Afghanistan.

“Kami puas dengan tingkat interaksi praktis dengan otoritas Afghanistan, yang memungkinkan untuk secara efektif memastikan keamanan warga Rusia di Afghanistan dan operasi tanpa hambatan kedutaan kami di Kabul,” kata Lavrov dikutip Associated Press.

Lebih lanjut, dalam pertemuan tersebut mereka juga meminta pasukan militer yang selama 20 tahun terakhir bercokol di Afghanistan, ikut bertanggung jawab atas rekonstruksi dan pembangunan usai konflik. Pernyataan tersebut merujuk kepada AS sebagai biang kerok kekacauan yang sekarang terjadi di Afganistan.

Terkini,Taliban sangat membutuhkan sekutu. Terlebih, ekonomi Afghanistan sangat memprihantikan sehinga marak terjadi kemiskinan, harga pangan naik dan pengangguran melonjak.  (MRS L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *