Lensa Manca

Kerusuhan Ketiga di Penjara Ekuador Tewaskan 24 Tahanan

Kerusuhan antar geng di dalam penjara Ekuador Penitenciaria del Litoral, Provinsi Guayas, kembali terjadi dan mengakibatkan 24 tahanan tewas, Rabu (29/9). Insiden ini merupakan peristiwa ketiga yang terjadi sepanjang 2021 setelah kerusuhan yang sama terjadi pada bulan Februari dan Juli lalu.

Insiden ini dilatarbelakangi oleh persaingan antar geng yang ingin menguasai fasilitas penjara Ekuador. Melansir dari Reuters, SNAI, Badan Pemasyarakatan Wilayah, mengatakan bahwa peringatan muncul karena tembakan dan ledakan di beberapa area.

“Akibat kerusuhan, 24 (tahanan) tewas dan 48 orang mengalami luka-luka,” ungkap Badan SNAI.

Pihaknya menambahkan, pihak berwenang dapat menguasai kembali fasilitas itu sore harinya. Sementara itu, kerusuhan serupa pada bulan Februari mengakibatkan sebanyak 79 orang tewas, sedangkan pada Juli terdapat 22 orang tewas.

Menindaklanjuti hal tersebut, Human Rights Watch mendesak pemerintah Ekuador untuk menyelidiki kekerasan di dalam penjara dan menuntut mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan.

Guillermo Lasso, Presiden Ekuador mengatakan, pemerintah akan menganggarkan dana lebih banyak untuk memperbaiki sistem penjara di Ekuador yang sudah penuh. Dana tersebut nantinya digunakan untuk meningkatkan kapasitas penjara dan memasang berbagai peralatan baru guna meningkatkan keamanan di dalamnya. (AK/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *