Lensa Manca

Jepang Mendekati Akhir Darurat Covid-19 di Sebagian Besar Wilayah

Pada Jumat (24/9), Norihisa Tamura, Menteri Kesehatan Jepang, menyatakan bahwa kondisi darurat Covid-19 di Jepang dapat segera dicabut mengingat penurunan kasus yang terus terjadi. 

Tingkat rawat inap dan ketersediaan tempat tidur pasien menjadi faktor yang menentukan apakah status darurat Covid-19 di Tokyo dan sebagian besar wilayah di negara tersebut dapat dicabut pada akhir bulan ini.

“Setelah mendengar dan menimbang pendapat para ahli, Kabinet akan membuat keputusan akhir,” ujar Tamura, dikutip dari laman Reuters.

Varian Delta yang menular di Jepang memicu gelombang Covid-19 kelima yang mendorong rekor infeksi bulan lalu. Untuk mencegah sistem kesehatan kolaps, Pemerintah Jepang memberlakukan pembatasan darurat yang mencangkup sekitar 80% populasi hingga akhir September.

Pembatasan yang dilakukan berpusat pada himbauan warga untuk bekerja dari rumah hingga meminta restoran untuk menutup tokonya lebih awal.

Kasus harian baru di Tokyo telah menurun menjadi sekitar 550 kasus dalam beberapa hari terakhir atau 1/10 dari puncaknya pada bulan lalu. (DY/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *