Lensa JogjaLensa Terkini

1030 Buruh Pabrik Rokok Dapat BLT

Sebanyak 1030 buruh pabrik rokok PT Putra Patria Adikarsa, di Giripeni, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menerima Bantuan Langsung Tunai atau BLT.

Bantuan tersebut diberikan untuk meringankan beban buruh pabrik rokok sekaligus turut serta mengendalikan dampak inflasi daerah.

Penerima bantuan langsung tunai bagi kalangan buruh tahun ini mengalami peningkatan. Jjika pada 2022 lalu hanya sebanyak 859 buruh pabrik rokok yang mendapatkan BLT, kini seluruh buruh atau sekitar 1030 karyawan pabrik rokok berhak mendapatkan BLT ini.

Setiap buruh tersebut menerima BLT sebesar 600 ribu rupiah yang diberikan melalui Bank Kulon Progo dan Bank Bpd DIY.

Triyono selaku Sekda Kabupaten Kulon Progo menyampaikan penerima bantuan ini terbagi dalam beberapa anggaran pembelanjaan yakni 452 dari anggaran APBD, 406 penerima berasal dari dana anggaran top-up provinsi serta melalui Anggaran Tambahan Perubahan (ABT) Kulon Progo sebanyak 172 orang.

“Ya kita harapkan itu bisa dimanfaatkan, kepada para buruh dipakai sebaik-baiknya sesuai kebutuhannya untuk menunjang kesejahteraannya. Kita harapkan nanti mudah-mudahan tahun berikutnya akan tambah lagi yang bisa dialokasikan,” kata Triyono.

Sementara itu, Waljid Budi Lestarianto perwakilan dari Forum Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan-Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM-SPSI DIY) menjelaskan jumlah penerima bantuan itu bisa dibilang seluruh pekerja pabrik tersebut.

“Untuk BLT dibagikan kepada 1030 karyawan itu artinya seluruh pekerja pabrik rokok di Kulon Progo itu menerima BLT tahun 2023 tahun ini,” ungkap Waljid.
“BLT DPHCHT ini memang sesuai sudah ada presantase pembagiannya yang alhamdulillah DIY khususnya di Kulon Progo mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya, dan tahun ini menjadi yang terbanyak penerimanya yaitu sebanyak 1030 orang,” pungkasnya.

Diharapkan dengan bantuan ini bisa bermanfaat bagi kalangan buruh pabrik untuk memenuhi kebutuhan hidup serta dapat meningkatkan motivasi para buruh untuk lebih giat bekerja.

Tim Liputan Aditv

Editor/redaktur: Rizky/Wara

Share