Lensa KulinerLensa Wisata

Tape Ketan Hitam Muntilan, Manfaat dan Resep Olahan Pudingnya

Ketika kita berkunjung ke Muntilan, tidak lengkap rasanya kalau tidak membeli tape ketan. Tape ketan hijau dan hitam adalah salah satu makanan khas ibu kota Magelang, Jawa Tengah tersebut.

Di sepanjang jalan yang merupakan penghubung Yogyakarta dan Semarang itu banyak terdapat toko-toko yang menjual tape ketan dan aneka jajanan khas lainnya.

Tape ketan nikmat dimakan begitu saja bersama emping melinjo goreng atau dibuat minuman hangat. Ada juga yang mencampurnya ke dalam es buah dan bisa juga dibuat puding. Sebelum kita membahas resepnya, mari kita ulik sedikit manfaat yang ada dalam tape ketan hitam.

Manfaat tape ketan hitam untuk kesehatan menurut, Alodoc:

Melancarkan pencernaan. Kita tahu, makanan yang difermentasi sangat dianjurkan untuk kesehatan usus. Proses fermentasi meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik dalam usus.

Mencegah infeksi. Khasiat fermentasi ketan bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehinggan bisa terhindar dari penyakit infeksi.

Menurunkan berat badan. Kandungan protein dan serat yang baik berfungsi menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Memperlambat penuaan kulit. Kandungan antioksidan dalam tape ketan dapat mendorong produksi kolagen sehingga menunda timbulnya garis-garis halus dan keriput.

Mengontrol kadar gula darah. Kandungan serat dan antosianin dalam tape ketan bisa membantu menurunkan penyerapan gula darah.

Mencegah penyakit jantung. Kandungan antosianin yang ada juga bisa mengurangi peradangan di pembuluh darah dan jantung.

Menurunkan kadar kolesteol. Kandungan probiotik, serat dan antosianinnya mampu mengurangi peradangan, mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Resep Puding Tape Ketan Hitam

Bahan:

  • 1 agar-agar bubukĀ  warna putih
  • 150 gram gula pasir
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 putih telur, kocok hingga kaku
  • 1 kelapa muda atau kelapa kopyor, kerok
  • 300 gram tape ketan warna hitam

Cara membuat:

  1. Siapkan cetakan puding. Basahi dengan air. Sisihkan.
  2. Masak agar-agar, gula, santan dan daun pandan. Aduk rata. Setelah mendidih, angkat dan hilangkan uap panasnya.
  3. Masukkan kocokan putih telur. Aduk rata.
  4. Tuang setengah bagian ke dalam loyang.
  5. Taburi dengan kelapa muda atau kelapa kopyor dan tape ketan. Tuang setengah bagian lagi adonan agar-agar. Taburi lagi dengan kelapa muda dan tape ketan.
  6. Simpan dalam lemari pendingin.
  7. Sajikan dingin sebagai hidangan penutup.

Penulis: Ara dari berbagai sumber

Editor/redaktur: Rizky/Wara

https://lensa44.com/resep-madu-mongso-jajanan-lebaran-dari-tape-ketan-hitam/

Share