Lensa MancaLensa TerkiniUncategorized

Enggan Menambah Beban, Turki Tak Lagi Menerima Pengungsi Afghanistan

Keberhasilan Taliban menduduki wilayah Afghanistan, membuat warga Afghanistan memilih kabur dan mengungsi ke negara lain. Namun, dari beberapa negara yang masih membuka pintu bagi warga Afghanistan, turki justru sudah menyatakan tak sanggup lagi menerima pengungsi.

Melansir dari cnnindonesia, Minggu (22/8), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa negaranya telah menampung sebagian pengungsi, dan memiliki banyak beban lainnya. Karena itulah ia menolak untuk menerima lagi pengungsi dari Afghanistan.

“Gelombang migrasi baru tidak dapat dihindari jika tindakan yang diperlukan tidak diambil di Afghanistan dan Iran. Turki, yang sudah menampung 5 juta pengungsi, tidak dapat menanggung beban tambahan migran.” Kata Erdogan

Turki terlibat kerja sama dengan Jerman untuk turut mendukung organisasi dunia menjalankan perannya, namun, kendati Turki sudah tak bisa lagi menampung pengungsi, Juru Bicara Kanselir Jerman Angela Markel menyebut bahwa pengungsi dari Afghanistan adalah prioritas utama.

Diketahui, saat ini telah ada 1900 warga Afghanistan yang mengungsi di Jerman. Dan tak hanya Jerman, negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris dan Kanada juga telah mengirim pasukannya ke Afghanistan untuk mengevakuasi warga Afghanistan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *