Lensa Jogja

6 Karyawan Positif Covid, Puskesmas Umbulharjo II Tunda Kegiatan Vaksinasi

Pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas Umbulharjo 2 lakukan penundaan vaksinasi yang dijadwalkan pada selasa dan rabu siang, yang rencananya akan menyasar 200 orang. penundaan vaksinasi terpaksa dilakukan mengingat 6 dari 52 karyawan Puskemas bagian dokter dan tenaga administrasi terpapar virus covid-19 dan diketahui hasilnya melalui swab antigen. Para karyawan ini terpapar virus covid-19 dari anggota keluarga yang positif dan dari pasien positif yang datang ke puskesmas Umbulharjo 2.

Pengurangan karyawan dinilai akan menghambat proses vaksinasi, terlebih lagi Puskesmas Umbulharjo 2 juga memberikan layanan swab bagi masyarakat sehingga apabila vaksinasi tetap dilaksanakan dikhawatirkan justru akan memperluas penyebaran virus covid-19 untuk itu pihak puskesmas bersama dengan dinas kesehatan Kota Yogyakarta sepakat mengambil kebijakan untuk menunda pelaksanaan vaksinasi hingga bulan Juli mendatang.

Kepala Puskesmas Umbulharjo 2, Arief Haritono mengatakan setelah mengetahui hasil swab antigen karyawan puskesmas yang positif kemudian dihimbau untuk melakukan isolasi mandiri.

“Dari 52 karyawan saya ini sekitar 6 yang terpapar. Begitu terpapar saya suruh isoman sehingga kita tetep berkurang karena tenaga ini meskipun ada dokter ada tenaga administrasi, tetapi ini sangat membantu sekali dalam vaksinasi karena vaksinasi itu kan ada meja 1, 2, 3, 4, nah ini kalau berkurang akan repot.” Jelas drg. Arief Haritono, Kepala Puskesmas Umbulharjo II.

Sementara itu PIC covid Dinkes Kota Yogyakarta, Yudisari mengatakan kunjungan pasien untuk pelayanan rutin di Puskesmas Umbulharjo mencapai angka 70 hingga 150 pasien per harinya, untuk itu apabila vaksinasi tetap dilaksanakan di tengah masa isolasi mandiri bagi karyawan puskesmas yang positif maka akan sangat mengganggu pelaksanaan pelayanan rutin karena keterbatasan karyawan.

“Keterbatasan tenaga ini menyebabkan kemudian apabila mengadakan vaksinasi lagi yang sudah direncanakan ini menyebabkan pelayanan yang rutin akan terganggu karena pelayanan rutin ini juga pasien tidak bisa kita cegah untuk tidak hadir. rata-rata kunjungan pasien di Umbulharjo 2 sekitar 70-150 sehingga kita mengambil kebijakan bahwa vaksinasi ini ditunda.” Jelas Yudisari, PIC Covid Dinkes Kota Yogyakarta.

Sejak awal pandemi covid 19 pada 2020 lalu tercatat hampir setengah dari karyawan puskesmas Umbulharjo 2 pernah terpapar virus covid 19. Kedepannya puskesmas Umbulharjo 2 akan memperketat protokol kesehatan termasuk cuci tangan mengurangi kerumunan dan mengenakan masker sesuai dengan anjuran pemerintah. (AFN/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *