Lensa Lifestyle

Mengenal Pick Me Girl, Istilah yang Sering Disebut di Medsos

Beberapa waktu lalu fenomena dan istilah ‘pick me girl’ sempat ramai diperbincangkan di sosial media bahkan istilah itu sempat viral di aplikasi TikTok. Tak jarang juga banyak content creator yang memparodikan pick me girl.

Lalu apa sih pick me girl itu? Pada dasarnya, kata ‘pick me’ adalah istilah bagi seseorang yang memiliki keinginan kuat untuk diterima dalam suatu kelompok sosial.

Menurut Urban Dictionari, pick me girl ini merujuk pada gadis atau perempuan yang mencari validasi dari para laki-laki dengan cara yang tidak langsung dan memastikan dirinya tidak seperti gadis lain.

Sederhananya, mereka akan melakukan atau mengucapkan hal-hal yang berbeda dari kebanyakan perempuan. Tujuannya yaitu agar mendapatkan perhatian dari para lelaki.

Banyak pick me girl yang mengklaim dia bergaul lebih banyak dengan pria dibandingkan dengan wanita. Mereka juga kadang mengolok-olok wanita lain karena menyukai atau melakukan sesuatu yang dilakukan wanita lain.

Hal itu lah yang membuat kebanyakan cewek membenci gadis-gadis pick me girl karena dianggap menyebalkan.

Ada beberapa penyebab yang melatarbelakangi seseorang menjadi pick me girl, yaitu salah satunya adalah internalized misogyny yang merupakan bentuk diskriminasi terhadap gender perempuan yang melibatkan kebencian.

Selain itu, fenomena pick me girl ini dapat terjadi karena adanya suatu keinginan untuk menjauhkan diri dari segala stereotype perempuan yang selama ini dianggap buruk dan negatif.

Mentalitas dari seorang pick me girl dianggap sebagai suatu upaya untuk menghindar dari kesepian serta penolakan. Selain itu, seorang pick me girl juga senang akan gagasan bahwa dirinya akan menjadi orang yang dipilih dari banyaknya perempuan di luar sana.

Seseorang yang dicap pick me girl ini akan secara sadar maupun tidak berlaku sebagai sosok yang paling menonjol di geng nya. Ia juga akan merasa dirinya selalu benar, bersikap angkuh dan enggan mendengarkan saran dari orang lain.

Kata-kata yang sering diucapkan oleh pick me girl ini akan selalu membandingkan dan merendahkan perempuan lain.

Seperti “Aku lebih suka temanan sama cowok, soalnya kalo cewek tu ribet dan banyak dramanya”. “Kayaknya gue doang deh yang ga pernah pake heels, soalnya enakan pake sneakers ke mana-mana”. “Aku sih ga paham soal skincare, tapi untung aja aku nggak pernah ada masalah kulit” dan masih banyak lagi.

Sindrom atau fenomena pick me girl ini dapat dialami oleh siapapun karena menginginkan validasi dari orang lain dan ingin terlihat berbeda. Namun sikap seperti akan sedikit membuat orang sekitar merasa tidak nyaman, jadi lebih baik terima apa adanya diri kita saja. (SC/L44)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *